Selasa, 21 Juni 2011

#Silahkan Diberi Judul Sendiri

Kepada : Pendaftar OR SPEAK
CC : Calon pendaftar OR SPEAK

Suatu masalah yang luar biasa haruslah ditangani dengan cara yang luar biasa yang dilakukan oleh orang-orang yang luar biasa. Seperti halnya korupsi.

Ketika kita bicara korupsi mungkin pikiran kita langsung menuju pada satu hal, kalau boleh saya tebak mungkin pejabat pemerintah yang mengambil uang rakyat, melakukan suap, menyalahgunakan wewenang. Namun lebih dari itu, korupsi di negara ini telah menjadi suatu kebiasaan/laten di masyarakat. Hal ini yang akan mengakibatkan hukum perlahan-lahan runtuh, kepercayaan masyarakat kepada pemerintah sirna, dan kejujuran menjadi sesuatu yang aneh/langka. Itulah yang paling berbahaya dari korupsi, bukan kerugian materialnya. Itu semua sebenarnya bermula dari hal-hal yang kecil. Katakanlah contek-mencontek di kalangan pelajar. Coba anda tengok perjuangan Siami, ya! betapa mahalnya kejujuran sekecil itu.

Sekarang, korupsi bukan hanya sekedar kejahatan biasa, tetapi kejahatan yang luar biasa (extra ordinary crime) sejajar dengan genosida dan terorisme. Tidak salah memang, karena sangat mungkin masayrakat yang lemah mati kelaparan karena pemimpin-pemimpinnya serakah. Di sisi lain korupsi dapat menjadi ancaman yang lebih menakutkan dari sekedar bom. Bom mungkin hanya bisa menghancurkan sebuah gedung, tapi korupsi bisa menghancurkan sebuah negara. Bila kita ambil kesimpilan, korupsi adalah genosida yang nyata dan teroris yang sesungguhnya.

Kami sangat bersyukur karena semakin banyak mahasiswa STAN yang peduli dengan masalah ini. Hal ini hanya sebagian kecil yang tersirat dari pendaftar OR SPEAK. Kami tidak akan menolak anda untuk menjadi bagian dari perjuangan kami, kami membutuhkan anda semua. Jadi, tidak perlu ada rasa takut atau malu kalau nanti tidak diterima atau kami tolak. Anda telah kami terima sejak jauh-jauh hari. Anda semua telah berdiri di atas rel yang tepat dan tidakakan kami menggelincirkan anda. Asal anda membawa niat yang baik dan tulus.

Kami Optimis SPEAK bisa menjadi salah satu solusi masalah korupsi di Indonesia. Walaupun sangat terbatas solusi yang kami tawarkan melalui SPEAK, namun jika kita bersama hasilnya pasti besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar